Prokerja.id

Cara Membekukan Panel di Excel agar Baris/Kolom Tetap Terlihat

Menggunakan fitur pembekuan panel di Excel sangat berguna ketika Anda bekerja dengan spreadsheet yang memiliki banyak baris dan kolom. Dengan membekukan panel, Anda dapat menjaga baris atau kolom tertentu tetap terlihat saat Anda menggulir melalui lembar kerja. Ini memudahkan Anda dalam membandingkan data atau melihat informasi penting tanpa kehilangan referensi.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk membekukan panel di Excel agar baris atau kolom tertentu tetap terlihat. Ikuti panduan berikut ini:

Langkah 1: Buka Lembar Kerja Excel Buka aplikasi Microsoft Excel dan buka lembar kerja yang ingin Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki data yang cukup untuk membutuhkan pembekuan panel.

Langkah 2: Tentukan Sel untuk Membekukan Pertama, tentukan baris atau kolom tempat Anda ingin memulai pembekuan. Misalnya, jika Anda ingin membekukan baris 1 dan kolom A, arahkan kursor ke sel B2.

Langkah 3: Membekukan Panel Baris dan Kolom Untuk membekukan panel, ikuti langkah-langkah berikut, tergantung pada apa yang ingin Anda bekukan.

Membekukan Baris dan Kolom Sejajar: Jika Anda ingin membekukan baris dan kolom sejajar dengan sel yang dipilih, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pergi ke tab “View” di menu Excel.
  2. Di grup “Window”, klik tombol “Freeze Panes”.
  3. Dalam menu dropdown, pilih opsi “Freeze Panes”.

Excel akan membekukan baris dan kolom sejajar dengan sel yang dipilih. Anda dapat menggulir lembar kerja dan baris serta kolom yang dipilih akan tetap terlihat.

Membekukan Baris Tertentu: Jika Anda ingin membekukan baris tertentu agar tetap terlihat saat menggulir, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pergi ke baris di bawah baris yang ingin Anda bekukan.
  2. Pilih tab “View” di menu Excel.
  3. Di grup “Window”, klik tombol “Freeze Panes”.
  4. Dalam menu dropdown, pilih opsi “Freeze Panes”.

Excel akan membekukan baris yang dipilih dan baris-baris di atasnya saat Anda menggulir lembar kerja.

Membekukan Kolom Tertentu: Jika Anda ingin membekukan kolom tertentu agar tetap terlihat saat menggulir, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pergi ke kolom di sebelah kanan kolom yang ingin Anda bekukan.
  2. Pilih tab “View” di menu Excel.
  3. Di grup “Window”, klik tombol “Freeze Panes”.
  4. Dalam menu dropdown, pilih opsi “Freeze Panes”.

Excel akan membekukan kolom yang dipilih dan kolom-kolom di sebelah kirinya saat Anda menggulir lembar kerja.

Membatalkan Pembekuan Panel: Jika Anda ingin membatalkan pembekuan panel, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih tab “View” di menu Excel.
  2. Di grup “Window”, klik tombol “Freeze Panes”.
  3. Dalam menu dropdown, pilih opsi “Unfreeze Panes”.

Excel akan membatalkan pembekuan panel dan Anda dapat menggulir lembar kerja tanpa batasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membekukan panel di Excel untuk menjaga baris atau kolom tertentu tetap terlihat saat menggulir melalui lembar kerja. Ini akan memudahkan Anda dalam mengelola dan menganalisis data dengan lebih efektif.

Sekarang Anda sudah siap untuk menggunakan fitur pembekuan panel di Excel. Manfaatkanlah fitur ini untuk meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja dengan spreadsheet. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempelajari cara membekukan panel di Excel. Selamat mencoba!

Bagikan

Menyukai artikel ini? Baca artikel lain

Panduan Menggunakan Excel

Cara Menghapus Nilai Duplikat dari Kolom di Excel

Daftar Isi: 1. Pendahuluan Seringkali kita perlu membersihkan data di Excel dengan menghapus nilai duplikat dari kolom tertentu. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dua

Dapatkan Prokerja dan Permudah
Pekerjaanmu Sekarang

Mulai dari pekerja kantoran, bos perusahaan, pebisnis UMKM, telah mempercayakan pekerjaan mereka ke Prokerja.